Manajemen Investasi bab Pembelian dan Penjualan Sekuritas

MANAJEMEN INVESTASI
PEMBELIAN DAN PENJUALAN SEKURITAS
Penjualan sekuritas biasanya melibatkan banyak orang. Meskipun bisa saja dua orang investor secara langsung mengadakan transaksi, transaksi yang umumnya dilakukan adalah dengan memanfaatkan jasa pialang, dealaer dan bursa.
            Pialang bertindak sebagai agen bagi seorang investor dan mendapatkan imbalan dalam bentuk komisi. Banyak investor perorangan berhubungan dengan pialang eceran besar melalui rumah elektronik (wire house) eceran besar-yaitu, perusahaan yang memiliki banyak kantor yang  tersambung melalui jaringan elektronik ke kantor pusat mereka, dan melalui kantor pusat tersebut kemudian dihubungkan ke bursa utama. Orang yang bekerja pada perusahaan pialang yang tanggung jawab utamanya menangani investor perorangan disebut account executive atau perwakilan (tugas) terdaftar (registered representatives).
            Investor kelembagaan (institutional investor), seperti bank komersial dan dana pension, juga berhubungan dengan perusahaan-perusahaanpialang yang besar, tetapi mereka melakukannya, melalui divisi terpisah yang dirancang untuk mengurusi kebutuhan perdagangan yang khusus. Investor kelembagaan juga melakukan bisnis dengan perusahaan kecil yang hanya memiliki satu atau dua kantor dengan mengkhususkan diri pada lembaga bisnis.
            Dua tipe lain perusahaan pialang ini adalah perusahaaan pialang regional dengan pialang diskon. Tipe pertama tersebut berkonsentrasi pada transaksi dalam wilayah geografis tertentu, artinya perdagangan sekuritas diikuti oleh peserta khusus dari bagian wilayah tersebut. Hal ini mungkin disebabkan oleh penerbit sekuritas berlokasi di daerah tersebut. Pialang diskon menawarkan jasa dengan biaya rendah, yaitu mereka menawarkan lebih sedikit jasa dibandingkan perusahaan pialang yang memberi jasa penuh seperti Merrill Lynch dan Salomon Smith Barney. Investor yang hanya ingin order mereka dilaksanakan dan tidak memerlukan nasihat dapat mengurangi pembayaran komisi dengan menggunakan pialang diskon. Belakangan ini tipe khususpialang diskon telah muncul yang menerima, melaksanakan dan mengkonfirmasi order secara elektronik melalui Internet Dengan komisi yang lebih rendah daripada pialang diskon umum. Imbalan account executive biasanya ditentukan oleh besarnya komisi yang lebih rendah dari pada pialang diskon oleh kliennya, yaitu jumlah yang berkaitan langsung dengan besarnya perputaran akun (transaksi) investor. Metode ini menimbulkan godaan untuk memberi rekomendasi agar investor lebih sering mengadakan perubahan portofolio yang dipegangnya. Lebih dari itu, karena tingkat komisi yang berbeda untuk tiap jenis investasi, ada godaan untuk merekomendasikan perubahan ke investasidengan tingkat komisi yang paling tinggi. Dalam jangka panjang. Account executive yang melakukan hal tersebut akan sering kehilangan kliennya dan mungkin dapat dituntut secara hukum. Namun demikian, tindakan seperti itu mungkin memberikan keuntungan dalam jangka pendek.
            Membuka akun di perusahaan pialang merupakan hal yang mudah: cukup mendatangi atau menelpon kantor local. Seorang account executive akan ditugaskan untuk anda dan membantu anda mengisi beberapa formulir. Setelah formulir pendahuluan ditandatangani, hal lain dapat dilakukan lewat surat atau telepon. Transaksi akan dimasukan kea kun anda, sama seperti akun bank. Contohnya anda dapat mendepositokan uang, membeli sekuritas dengan memakai uang dari akun, dan menambah deposit anda saat menjual sekuritas. Munculnya pialang adalah untuk membuat transaksi semudah mungkin. Yang dilakukan investor adalah memberi pialang suatu spesifikasi order.
            Dalam mendiskusikan sekuritas, diasumsikan bahwa order investor melibatkan saham biasa. Pada situasi demikian, investor harus merinci:
1.      Nama perusahaan
2.      Perintah membeli atau menjual saham
3.      Besarnya order
4.      Berapa lama order akan outstanding
5.      Apa jenis order yang harus dipakai

2.1 BESARNYA ORDER
      Sewaktu membeli atau menjual saham, investor memasukkan order yang mencakup round lot, odd lot atau keduanya. Umumnya round lot berarti order sebanyak 100 lembar saham atau kelipatan 100. Odd lot berjumlah dari 1 sampai 99 lembar saham. Order yang lebih dari 100 lembar tapi bukan kelipatan 100 dipandang sebagai kombinasi round dan odd lot. Jadi order sebanyak 259 lembar saham disebut sebagai order dua round lot dan odd lot 59  lembar.
2.2 BATAS WAKTU
     Investor harus merinci bahwa waktu ordernya-yaitu batas waktu pialang berusaha memenuhi order. Untuk order harian, pialang akan berupaya memenuhi order pada hari yang sama dengan masuknya order.
            Open order atau good-till-cancelled (GTC) adalah order yang berlaku sampai order tersebut terpenuhi atau dibatalkan. Namun selama order belum terpenuhi, pialang secara periodic dapat bertanya kepada investor untuk memperoleh kepastian.
2.3 JENIS ORDER
     Ada beberapa tipe order yang dapat ditempatkan oleh investor ke para brokernya. Sejauh ini yang palimh umum adalah market order dan limit order. Meskipun kurang sering, stop order dan stop limit order dapat digunakan. Terakhir ada tipe order khusus yang jarang digunakan; para pembaca yang berminat agar menghubungi para pialang.


(Investasi edisi ke-6 jilid 1, William F. Sharpe; Gordon J. Alexander; Jeffery V. Bailey; 2005. PT INDEKS kelompok Gramedia)

0 Response to "Manajemen Investasi bab Pembelian dan Penjualan Sekuritas"

Posting Komentar